-->

Penghargaan Badan Bahasa pada Tiga Sastrawan

Budiyono Dion, Bahasaku


Penghargaan Badan Bahasa pada Tiga Sastrawan

Eksistensi sastrawan perlu mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari masyarakat dan pemerintah, untuk menjaga keberlangsungan produktivitas kekaryaannya. Oleh sebab itu, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB) memberikan penghargaan sastra kepada tiga sastrawan, yaitu Leon Agusta, Joko Pinurbo dan Nirwan Dewanto.

"Penilaian utamanya pada aspek apakah sastrawan tersebut memiliki tingkat konsistensi dalam pembuatan karya," kata Perwakilan Tim Penilai Penghargaan Sastra Badan Bahasa F Rahardi di Jakarta, Kamis (30/10).

Tim penilai dipilih oleh BPPB dan diketuai oleh Melani Budianta dengan anggota Seno Gumira Ajidarma, Linda Christanty dan F Rahardi.
Karya Joko Pinurbo yang mendapatkan penghargaan adalah kumpulan puisi berjudul Baju Bulan dan kumpulan puisi Leon Agusta berjudul Gendang Pengembara.
Karya sastra yang memperoleh penghargaan berikutnya adalah kumpulan puisi Nirwan Dewanto yang berjudul Buli-Buli Lima Kaki.
Kepala BPPB Mahsun mengapresiasi penghargaan yang diberikan kepada karya sastra dari tiga penulis tersebut. "Ini terkait dengan kemanfaatan bahasa Indonesia sebagai medium dalam karya sastra, tentang penulis yang mampu memanfaatkan bahasa untuk menuangkan gagasannya," katanya ketika menghadiri acara penganugerahan tersebut.
Penghargaan Sastra Badan Bahasa merupakan salah satu acara dari rangkaian acara Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional 2014.
Perwakilan Duta Bahasa Provinsi Bali menjadi juara satu Pemilihan Duta Bahasa 2014 diikuti Provinsi Kepulauan Riau dan Jawa Tengah yang menjadi juara dua dan tiga.
Selain penghargaan sastra, Badan Bahasa juga menyelenggarakan Festival Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional. Perwakilan dari Sulawesi Selatan menjadi pemenang pertama festival tersebut diikuti Bali dan Sumatera Utara. (Ant, Dio)
 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penghargaan Badan Bahasa pada Tiga Sastrawan "

Post a Comment

mohon meninggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel