-->

Bahasa Indonesia Ditargetkan Menjadi Bahasa Internasional ke-7 di Dunia

Budiyono Dion, Bahasaku



Bahasa Indonesia Ditargetkan Menjadi Bahasa Internasional ke-7 di Dunia

Kita bangsa Indonesia tentu mendukung harapan dari Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Dr Sugiyono yang menyatakan, Bahasa Indonesia ditargetkan menjadi bahasa internasional ke-7 di dunia.
“Peningkatan fungsi Bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional telah tertuang dalam Undang-undang Nomor 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa dan lambang negara serta lagu kebangsaan Pasal 44 ayat 1, 2, dan 3,” kata Sugiyono pada Rapat Implementasi UU Kebahasaan.
Dalam UU Nomor 24 Tahun 2009 Pasal 44 ayat (1) hingga (3) disebutkan, pemerintah meningkatkan fungsi Bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional secara bertahap, sistematis dan berkelanjutan. Ayat (2) menyebutkan peningkatan fungsi Bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikoordinasi oleh lembaga kebahasaan.
Sementara ayat (3), ketentuan lebih lanjut mengenai peningkatan fungsi Bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dalam peraturan pemerintah.
“Dengan adanya UU tersebut, maka sebelum bahasa lain menjadi urutan ke-7 dalam bahasa internasional, Indonesia akan berupaya untuk masuk di urutan itu,” katanya.
Enam bahasa resmi internasional, yakni Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Mandarin, Bahasa Spanyol, Bahasa Rusia, dan Bahasa Perancis. Dari banyak bahasa yang digunakan oleh penduduk dunia, baru enam bahasa yang dijadikan sebagai bahasa internasional yang resmi diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
Bahasa tersebut dipilih berdasarkan pada jumlah banyaknya pengguna bahasa itu serta kepopulerannya. Semakin banyak pengguna suatu bahasa serta semakin penting bahasa tersebut.
Sumber: harianterbit.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bahasa Indonesia Ditargetkan Menjadi Bahasa Internasional ke-7 di Dunia"

Post a Comment

mohon meninggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel